Bandung, For the First Time!

Desember 28, 2012

Hello guys, i want to tell you about my indelible experience.

Sebelumnya gue sangat bersyukur bisa ikut study tour ke Bandung *hamdalah* soalnya gue belum pernah kesana oh poor me, tapi gue disana cuma 3 hari yah walaupun cuma tiga hari tapi disana seru...yah bisa dibilang the best day ever. Selain itu, gue disana berasa orang katrok haha soalnya di daerah gue mana ada kebun teh, apalagi kebun strawberry yang amazing itu, dan gue juga bisa lihat langsung lokasi syuting film petualangan Sherina di daerah Lembang (kalo ga salah) dan sekitarnya (kira2 filmnya itu muncul tahun 2000 dan filmnya sempat terkenal pada eranya hihi).

Okay viewers, gue akan cerita apa aja yang gue lakukan di Bandung selama 3 hari hehe

Gue berangkat dari sekolah terus ke bandara sekitar pukul 12an atau menjelang pukul 1 gitu dan pesawatnya kalau gak salah pukul 13.45, kebetulan jarak dari sekolah gue ke bandara itu dekat banget jadi gue berangkat kesana yah gak terlalu cepatlah...

*sampai di Bandara International Hang Nadim*

Setelah sampai di bandara gue dan teman gue melihat jadwal keberangkatan ke Bandung dan pas gue lihat Flight Information Display (FID)nya kok gak ada ya......?. Tiba2 petugas bandaranya datang dan beliau bilang pesawatnya udah boarding, sepertinya pesawatnya juga terbang agak lebih cepat dan sepertinya kami dimarahin petugas bandara. Akhirnya rombongan kami yang didahulukan untuk check in. Saat masuk ke pesawat gue merasa para penumpang lain ngelihatin kita gitu, mungkin karena rombongan kali yah dan gue kira rombongan kami yang paling telat. Ternyata masih ada juga yang lebih telat karena saat rombongan kami duduk kami kira pesawat akan langsung terbang. Kenyataannya kami juga harus menunggu lebih kurang 15 menit *uhuk.

Okay, finally pesawatnya take off juga kami naik pesawat Lion Air yang perjalanannya lebih kurang 2 jam. Pilotnya bernama Asep, kebetulan gue duduk di seat 21 C dan di samping gue ada Diana teman sekelas gue yang duduk di seat 21 B dan di sampingnya lagi ada Rizka yang duduk di seat 21 A. Nyeseknya kami duduk di deretan yang pas dengan sayap pesawat hm what a exasperate! terus kata Diana ada pramugara ganteng kalo ga salah namanya Gibson dan dari semua rombongan hanya seat 21 A, B, dan C yang gak tidur. Yah mau gimana lagi, di pesawat dingin dan akhirnya kami gak bisa tidur. Supaya gak bosan kami baca majalah untung aja di seatnya disediain majalah, dan ada hal lucu yang gak sengaja kebaca oleh gue dan teman gue: Apa bedanya soto dengan coto? karena kami penasaran, kami pun bacanya serius. Apa bedanya soto dengan coto? kalau soto itu dibuat dari daging sapi nah kalau coto itu dibuat dari daging 'capi' yeahhh capi ternyata itu cuma candaan semata, sedikit menyebalkan juga sih but ignore it. Kemudian lembaran demi lembaran kami baca dan ternyata baru 45 menit tentu saja we are getting bored dan akhirnya kami memutuskan untuk cerita2 random sampai pesawatnya mendarat.

Tiba-tiba pramugarinya mengumumkan kalau beberapa saat lagi akan sampai di Bandung dan emang dari atas udah keliatan pulau-pulaunya. Cuma ngenesnya itu kami gak bisa liat pulau-pulau itu dengan jelas karena terhalang oleh sayap pesawat itu aaah.

*sampai di Bandung*

Finally mendarat di Bandung juga dan hujan pula *hamdalah*, kalau gak salah gue sampai disana sekitar jam 4-an gitu lah. Kemudian gue nunggu bagasi dan itu lama banget hampir 2 jam seinget gue. Okay selanjutnya kami caw ke bus yang sudah dipesan dan karena busnya hanya ada 2 seat, gue duduk sama teman sekelas gue yaitu Diana and finally Bandung city tour wohooooo!!!. Sebenarnya gue mau ngambil foto alias mengabadikan momen sebanyak-banyaknya, cuma karena hujan yah jadi mau gimana lagi and here are the results:

Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan lagi keliling kota Bandung yeah...! dan gak terasa hari pun udah malam padahal kelilingnya baru sebentar. Karena semuanya udh pada laper yaudah kita langsung caw ke restoran deh dan di Bandung ternyata rata2 restorannya 'prasmanan' mungkin udah khas kali yah disana.dan gue juga udah laper tapi karena saking dinginnya, i'm not in the mood for eat right now yah jadi makanan gue cuma sisa 2 suap lagi padahal nanggung bgt yah udah gimana lagi. Okay setelah makan kami melanjutkan perjalanan ke hotel dan mereka rata2 pada bersenang2 sedangkan gue di bus menggigil kedinginan brrrrr what a cool. Ternyata busnya gak bisa masuk ke hotel karena jalannya yg kecil terus naik turun lagi, akhirnya mobil dari hotel datang menjemput untuk kami dan membawa kami ke hotel hihi.

*at Hotel*

Baiklah namanya Hotel Lotus terletak di daerah Dago dan masih di Kota Bandung tentunya. Letaknya juga tidak jauh dari bandara, without escalator or lift karena hanya terdiri 4 lantai. Kebetulan lantai 4 ini ternyata adalah pintu utamanya hotel yang otomatis berhadapan langsung dengan jalan raya, so kami tinggal buka pintu aja kalau mau keluar dan gak perlu naik tangga tentunya hihi. Selanjutnya, kami ngantri buat ambil kunci kamar soalnya ga sabar mau masuk kamar nich haha. Gue sekamar dengan Diana dan nomor kamar kami adalah 415.

*at Bedroom*

Kami memutuskan untuk tidak menggunakan AC because this room so cool brrrrr... okay setelah kami ganti baju dan sholat isya, kami langsung ke tempat tidur uhmm..call it a day ya guys dan saking capeknya gue tidur duluan dari diana haha LOL and we are so lucky karena dapet view-nya keren hoho, ga percaya? liat nih guys haha.

*Early Morning*

Gue kebangun karena gue dengar suara azan dan gue juga heran kenapa alarm Diana belum bunyi, padahal seinget gue kemaren gue nyuruh diana untuk menghidupkan alarm dan pas itu gue sambil bangunin Diana dan pas gue lihat hp gue ternyata masih jam 4.15. Astagaaa gue baru sadar kalau di Bandung sama di Batam itu beda terutama waktu sholatnya. But, never mind daripada telat yakan. Oke dan kami sudah siap mandi dan sholat subuh jam 5.15 sambil nonton Mama dan Aa' (agak ga penting) terus sempat foto-foto juga hehe dan saat itu juga ada guru yang ngetok2 pintu kamar kami. Bu amel, yap itu guru seni budaya kami dan beliau rencananya mau membangunikan kami tapi ternyata kami sudah siap duluan hihi. Kemudian gue membuka pintu kamar gue lagi dan di seberang kamar gue ternyata kamarnya teteh Eirina dan Yolanda, mereka juga sudah siap karena mereka juga mengalami nasib yg sama seperti kami hihi. Lalu di sebelah kamar Teteh dan Yolanda adalah kamarnya Cindy, Ayu, dan Rizka mereka juga udah siap tentunya. Akhirnya dari lantai 4 kami langusng caw ke lantai 1 buat breakfast dan foto-foto (as always). Setelah itu kami breakfast dan caw ke SMA N 3 Bandung. Okay and here is the result dan gambarnya diambil before breakfast tentunya jrengjreng...

*after breakfast*

Setelah sarapan tanpa memperpanjang waktu kami langsung masuk ke mobil dan dilanjutkan dengan pindah ke bus. Sama seperti kemarin, kami keliling Kota Bandung dahulu sebelum mampir ke SMA N 3 Bandung dan disana kami juga lihat pasar pagi di Jl. Tubagus Ismail. Ternyata perjalanan ke SMA N 3 Bandung tidak begitu jauh yah kira-kira lebih kurang 30 menit kali kami sudah sampai di SMA 3 Bandung.

*at Senior High School 3 Bandung*

Wow sekolah ini merupakan sekolah favorit di Bandung eitsss bukan hanya di Bandung, tapi se-Indonesia. Guru sosiologi kami, Pak Sonnie bilang kalo alumni dari sekolah ini tuh masuk ke ITB ibaratnya kayak moving class (bahasa gampangnya 'mayoritas mahasiswa yang kuliah di ITB itu adalah alumni SMA 3 Bandung'). Oh iya sesampainya disana, kami disuruh masuk ke ruang computer, sebenarnya sih kami mau dibawa ke aula tapi aulanya lagi di renovasi. Btw mereka bilangnya bukan aula, mereka menyebutnya ruang "avi" yaitu ruang audio visual hoho. Saat gue menginjakan kaki pertama kali di sekolah itu dalam hati gue berkata "gila....ini sekolah keren cuy, apalagi gue demen banget sama bangunan-bangunan lama astagaaaaaaa dan sekolahnya pun luas banget, kagak ada apa-apanya nih dibandingin smunti". Mohon maaf viewers gue terlihat katrok disini. Oh iya padahal gedung sekolahnya itu digabung loh, dan gue tidak menyangka walaupun gedungnya digabung tapi tetep aja ini tuh luas sekali masha Allah!. Gedung SMA N 3 Bandung bergabung dengan SMA 5 Bandung dan satu lagi nih yang harus dicontoh walaupun mereka 1 gedung ya, mereka ga ada tuh yg namanya tawuran atau berantem...nice (y). Selanjutnya disana kami diajak teteh teteh dari osis untuk keliling kelas dan melihat-lihat ruangan apa saja yang ada disana. Kami juga sempat berkenalan dengan beberapa teteh dari osis dan kalau gak salah namanya Teteh Manda dan Teteh Mita. Nah kebetulan teh manda dan teh mita ini sama2 pintar bedanya, teh mita ini juara kelasnya di kelas IPS sedangkan teh manda ini juara kelasnya di kelas IPA. FYI SMA N 3 Bandung ini memang mengutamakan jurusan IPA, seinget gue jurusan IPAnya terdiri dari 9 kelas dan jurusan IPSnya ini eksklusif cuy hanya ada 1 kelas soalnya. Kemudian yang kerennya lagi  ternyata sekolah ini tuh ada air mancur dan punya taman anggrek, kami juga bercerita dengan teteh teteh disana what a nice day!. Ada satu hal lagi yang bikin gue amaze (kesekian kalinya) sama sekolah ini yaitu pialanya yang banyak banget gila gue envy cuy....dan sampai2 kami juga mengambil foto disana. Waktu sudah menunjukan pukul 11.00 and we'll go to "MUSEUM GEOLOGI" hooooray!! sebelum gue cerita pengalaman gue di Museum Geologi gue mau ngasih liat foto-fotonya dulu hihi (tim capture every moments soalnya).

Sebelum kami sampai di Museum Geologi, kami keliling Kota Bandung dulu yuhuuuuu \m/ dan kami juga sempat lewat gedung sate yaitu icon of Bandung yang pertama menurut gue hihi. Menurut gue sebenarnya ada 3 ikon Kota Bandung (versi gue) yang pertama Gedung sate, yang kedua adalah Tangkuban Perahu, dan yang ketiga adalah gedung Asia Afrika/jalan Asia Afrika. But unfortunately we don't go to Asia Afrika because of the rain.....oh poor us.

*at Museum Geology*

Ofc I was here for the first time~ karena daerah tempat tinggal gue langka bgt yg kayak beginian hoho, ya paling adanya cuma Museum Camp. Vietnam (It's okay). Museum Geologi ini ternyata menyimpan kurang lebih ratusan ribu batuan dan mineral, selain itu kita juga bisa melihat fosil dinosaurus disana. Yap bagi kalian yang suka dan jago mata pelajaran geografi, ilmu tentang kebumian, atau mungkin kalian penasaran dengan bentuk kerangkanya T-Rex? Museum Geologi adalah tempat yang cocok buat dikunjungi (y). Museumnya luas banget serius deh.....sayangnya waktunya juga terbatas. Jujur saja kami belum puas main di Museum tersebut karena kami belum mengunjungi semua tempat yang ada di Museum tersebut. Uhm...but never mind yang penting kami tau isi dari museum itu walaupun hanya sebagian saja hoho #okesip. Tentu saja disini pasti kami manfaatkan untuk mengabadikan momen haha. Ini adalah foto teman-teman gue dan gue juga mengabadikan momen dengan wali kelas kami, Bu Rulina Purba tadaaaa!.

*at Masjid Istiqamah*

Okay sehabis dari Museum Geologi kami langsung caw ke Masjid Istiqamah untuk menunaikan ibadah sholat dzuhur dan Masjidnya cukup luas. Kata Pak Sonnie sih Masjid ini termasuk Masjid lama dan sayangnya gue gak ngambil foto tuh Masjid. Yaudahlah yah cari di google aja kali yah (y).

*at Restaurant*

Selepas dari masjid kami langsung caw ke restoran habisnya perutnya udah kriuk kriuk nich haha. Gue juga lupa nama restorannya apa, intinya restorannya juga prasmanan sama seperti makan malam kemarin.

*at Rumah Buku*

After lunch kami langsung caw ke Rumah Buku. Btw, buku-buku disana rata-rata diskon 15%-25% gitu, lumayan banget kan cuy tapi.....sayangnya gue bingung buku apa yg mau gue beli. Jujur gue bukan org yg hobi baca banget apalagi komik dan novel, kalo buku tentang self development gue masih tertarik sih. Tapi akhirnya yang gue malah beli komik, ya ini buat adik gue sih sebenarnya haha. Awalnya sih gara2 gue liat Fio beli komik Namida Usagi seri ke-10, katanya sih baru. Yaudah gue ikutan beli juga, belum lagi kata diana yang bilang baguslah, inilah, itulah. Tanpa memperpanjang waktu gue langsung ke kasir aja, biar ga lama ngantrinya. Gue liat teman2 gue yang lain mereka pada beli komik dan novel, lalu ada juga nih temen gue namanya Rizka dia directioners banget alias Fans beratnya 1D (boyband yang lagi naik daun itu loh) tentu saja yang dia beli adalah buku We Love 1D. Sehabis dari Rumah Buku, kami langsung caw ke factory outlet.

*at Factory Outlet*

Emang sih gue demen banget sama shopping tapi kalau harganya itu diskon ye hehe, kalo mahal mah  ya bye ajalah yah. Pas kami masuk kesana woaaaah keren cuy bajunya tapi harganya so expensive yaudah deh gue coba ke FO yang lain siapa tau dapet harga yang jauh lebih murah lagi, yap ternyata gak beda jauh sm FO yg pertama. Akhirnya kami langsung caw ke bus dan ternyata Cindy dan Ayu belum ada di bus, padahal sih tadi bareng sama kami. Eh taunya pas masuk bus dia udah bawa belanjaan dong, dan dia belanja tas 'Mustache' aelah envy bgt deh gue, manalagi akhir-akhir ini gue lagi demen sama barang-barang yang bergambar mustache. Tadinya sih mereka bilang kayak gini sama kami "We, kesana yok" cuma mungkin gue aja yg gak dengar kali yah ah sudahlah *lupakan.

*at Pasar Kaos*

Gue lupa nama daerahnya itu apa yang pasti di daerah itu banyak banget jualan kaos. Gue sih emang sama Diana mau nanya2 dulu harganya dan rata2 harga kaosnya sekitar 15-30ribuan, hm ga begitu mahal dan gue iseng sempat nawar 10ribu kan lumayan mana tau dapat yakan. Yap ternyata paling mentok 15 ribu, kemudian kami juga gak sengaja liat ada orang yang jualan gantungan kunci tulisan 'Bandung' dan iseng2 nanya akhirnya beli juga buat sekelas (unotifics) hehe. Kami beli sekitar 35 buah, sebenarnya sih anggota di kelas jumlahnya 31 orang, ya gapapalah daripada jumlah gancinya kurang yakan kan kalau bersisa bisa dibawa pulang hehe, btw gue belinya patungan sama diana (biar hemat). Ternyata sesampainya kami di bus orang yang jualan ganci tadi ngikutin kami dong (tapi kaminya yang enggak sadar), dan apa yang terjadi.....? dia jualan dong di bus. Akhirnya dari kelas A sampai kelas G kecuali anak akselerasi, jenis oleh-oleh yang dibeli untuk teman sekelasnya pada sama yaitu gantungan kunci yg tulisannya "Bandung". Untung aja setelah itu abang-abang yang jualan gancinya langsung keluar dari bus (mungkin karena gancinya udah laku keras kali ya). Selanjutnya kami langsung caw ke restoran yeeeey! karena waktu sudah menunjukan pukul 18.35. Tapi sebelum caw ke restoran kami menyempatkan keliling Kota Bandung dulu yuhuuuu..... Kami lewat jembatan Pasupati dan ngeliat Kota Bandung malam hari dari atas jembatan itu rasanya.............wow.............what a beautiful scenery! dan sebelum kami ke restoran kami tentunya sholat magrib dulu.

*at Masjid Istiqamah*

Baiklah, ini kedua kalinya kami sholat di masjid Istiqamah dan airnya sangat dingin. Kami juga sempat mikir takutnya ntar orang yang lihat kami tadi siang ketemu lagi pas Magrib. Setelah sholat magrib kami langsung ke restoran dan kami sampai di restoran tersebut sekitar pukul 19.20.

*at Restaurant*

Yup, akhirnya kami sampai di restoran.....*hamdalah* dan kalian tau kami makan dimana? ya, kami makan di sari bundo....hm west sumatera cuisine alias masakan padang. Walaupun masakan padang guys, tapi penyajiannya tetap prasmanan 'hidup prasmanan!'. Setelah makan malam kami pun melanjutkan perjalanan ke hotel yoi balik ke hotel.

*at Hotel*

Sampai di hotel Gue dan Diana bukannya beres-beres dulu, tapi malah ngitungin pembagian oleh-oleh buat teman kelas alias buat unotifics hehe. Selanjutnya habis mandi dan sholat isya kami mampir dulu ke kamar Teh Eirina dan Yolanda, lalu ke kamar 419 yaitu kamar Ayu, Cindy, dan Rizka. Akhirnya mereka juga ke main kamar kami and finally party. Btw, Ayu hobi banget gonta-ganti channel dan gak sengaja dia dapat channel film hantu haha...... dan si Diana udah mulai ketakutan sampai volume tv-nya minta di kecilin dan dia nutup kepalanya pake bantal, terus kami juga ngecengin si Rizka sama si Josua ahahah (asik ya kalo ngecengin org lain wkwk). Karena keasikan saling ngecengin anak orang, ternyata pas liat jam udah pukul 23 cuy dan kami pun memutuskan untuk bubar soalnya besok mau ke Tangkuban Perahu.

*Early Morning*

Hoammm morning guys!, serius dah ini gue masih ngantuk banget dan gue bangun pagi pukul 4.15 soalnya. Sekalian aja gue bangunin si Diana, dan ternyata anak ini kebo juga ya dibangunin bukannya bangun malah ganti posisi tidur pula dia. Yaudah gue sih udah punya rencana, rencana pertama gue hidupkan TV dengan volume yang kuat, yang kedua kalo dia masih belum bangun juga gue siram tuh pake air kan airnya dingin tuh brrrr hehe canda didi. Oke gue langsung lakuin rencana gue yang pertama gue hidupin TV dan volumenya gue kerasin, ternyata acara TV yang tayang waktu itu adalah behind the scene twilight, terus gue coba ganti ke channel korea sbs apa kbs gitu dan dia pun langsung loncat dari tempat tidurnya sialan emang, tiba yang kayak gini aja tuh anak baru bangun haha. Tapi gapapa daripada dia tidur lagi yakan. Oke habis mandi dan sholat subuh kami nonton lagi dan sambil buka pintu kamar, ternyata ada teh eirina dan yolanda yang udah siap juga haha. Akhirnya kami matikan tv, lalu mengunci pintu kamar, dan langsung caw ke bawah buat breakfast (tak lupa juga untuk take some photos) hoho.

Setelah breakfast kami langsung naik mobil kemudian ke naik bus dan langsung ke Tangkuban Perahu yang terletak di daerah Lembang dan perjalanannya kurang lebih 1,5 jam. Yah...kayak dari Padang ke Bukit Tinggi lah, yup kami kesana melewati kebun teh yang keren banget terus melewati Jl. Setia Budi. Kebetulan di sana juga kami melewati rumah mantan Presiden Indonesia yang ketiga yaitu B. J. Habibie dan juga kami melewati jalan yang berkelok-kelok dan ini mengingatkan gue dengan Kelok 9 dan Kelok 44 (oh.....tidak gue kangen kampung halaman Ayah & Ibu gue di Padang).

*at Tangkuban Perahu*

Oh god......baru masuk gerbangnya aja udara dinginnya udah kerasa banget nih brr......menurut gue Bandung sama Bukit Tinggi 1 : 2 lah dinginnya brrr.....tapi yang paling penting we are very enjoy at there. Bus kami berhenti karena jalan untuk menuju Gunung Tangkuban Perahu agak kecil dan berkelok-kelok jadi kami kesana naik mobil yang model angkot gitu. Ini lah the 'First time' gue melihat Gunung Tangkuban Perahu, yah biasanya kan gue cuma bisa liat di tv, but now i can see it! secara langsung lagi aaah thank God :').  Btw gue juga naik kuda keliling Tangkuban Perahu haha, oh iya kami juga sempat belanja oleh-oleh kok disini *maksudnya oleh-oleh buat orang yang ada di rumah. Ini adalah icon of  Bandung yang kedua menurut gue!.

Okay setelah dari Tangkuban Perahu kami langsung ke Ciater yeeeeey dan ke Sari Ater, soalnya di sana ada kebun......................strawberry yeah strawberry hihi.

*at Sari Ater*

Gue kira ini cuma tempat wisata yang biasa aja, ternyata pas gue masuk kesana ada hotel, kolam rendam air hangat, rumah hantu, dan kebun strawberry. Kami sempat mencicipi kolam air hangat dan rasanya enak banget kayak refleksi gitu *eak pegal-pegal tuh langsung hilang. Okay habis dari kolam air hangat kami langsung caw ke kebun strawberry, sebagian lainnya ada juga yang ke rumah hantu. Kebun strawberrynya unik banget guys hihi dan kalau mau beli buah strawberrynya langusng juga bisa cuy (harganya 7000 per ons). Oke setelah itu kami langsung mencari pintu keluar dan menuju ke bus, btw dekat parkiran bus banyak pedagang yang berjualan loh dan kami sempat beli buat oleh-oleh juga loh hihi. Sesampainya kami di bus, ya dan terjadi lagi....yup sama seperti kemaren penjualnya malah jualan di bus dan untuk menghentikan hal ini sopir bus langsung menghidupkan mesin agar busnya langsung jalan dan penjualnya juga segera pergi. Sebenarnya sih maksudnya bukan untuk mengusir cuma masalah waktu aja nih karena....."time is money guys" alias biar enggak kemaleman kami sampai di hotelnya.

Setelah dari Sari Ater, kami pun langsung menuju restoran untuk makan siang dan sekalian sholat dzuhur soalnya udah jam 1 lewat gitu......

*at Restaurant*

Baiklah, kami pergi ke restaurant dan ini bukan restoran biasa di restoran ini ada tempat untuk outbond uhhh....keren yah. Menu makan siang kami adalah "Nasi Timbel Ayam komplit" enak pisan euy.....haha mungkin karena kami lapar juga kali yah. Setelah dari restoran, kami langsung balik ke Kota Bandung lagi dan menuju pasar baru. Yup dan tanpa disadari ternyata gue ketiduran di bus  dan pas gue bangun ternyata udah sampai di Kota Bandung *Istighfar*.

*at Pasar Baru*

Yap.....yang pertama kami lakukan disana adalah mencari kaos tulisan "Bandung" dan tawar menawar pun kami lakukan (sifat alamiah mohon maaf ya). Akhirnya kami dapat juga, lumayan cuy 6 kaos 90ribu. Sebenarnya sih teman kelas kami giska, fani, dan dean nitip kaos juga untuk dijadikan oleh-oleh, cuma takutnya uang kami gak cukup (Maaf ya temans). Okay selanjutnya kami beli "makanan" huhu kami beli makanan juga buat unotifics :D sama buat yang dirumah dan kalau ga salah gue beli keripik ayu tingting ( LOL knp namanya harus itu wkwk), kerupuk kulit, pisang sale, dodol, keripik ubi, wajit, dan keripik setan titipan si Ami. Yah...kalau nitip makanan sih insya Allah masih bisa dibeliin cuy dan totalnya adalah 107.000 dan gue coba tawar 90ribu orangnya ga mau, dan akhirnya orang itu mintanya 100 ribu yaudah apa boleh buat (soalnya males harus nyari-nyari lagi). Barang bawaan kami pun semakin berat. Yup kemudian kami masuk ke Pasar Baru dan ternyata pasarnya udah mau tutup gengs. Pasarnya tutup sekitar pukul 5.30, dan akhirnya kami pun menunggu bus lalu langsung masuk ke bus. Yah setidaknya sampai di bus kami legalah, soalnya barang bawaannya sudah ditaruh di kursi hihi. We are so tire hoamsss beginilah muka kami yg capek hoho.

Setelah itu kami melewati Jembatan Pasupati dan dilanjutkan dengan mampir ke Kartika Sari dulu. Btw tadinya gue mau beli brownies, tapi udah abis yaudah akhirnya gue hanya membeli pisang molennya. Next we went to restaurant hooooray!! because we are so hungry *krik krik..

*at Restaurant*

Heihooow akhirnya kami makan bakmi, enggak deng gue pesan nasi goreng kok (butuh asupan nasi soalnya) dan nasi gorengnya tuh kebanyakan. Untungnya nasi gorengnya habis, akibat dipaksa sama si wildan huft dan yang lainnya pada pesan bakmi. Begitu juga dengan minuman dan cuma gue doang yang pesan air putih hangat. Terus gue malah dibully sekaligus diketawain sama deni dan diana, mereka sampai bilang begini: "Met...met... ko tu yah jauh2 dari Batam pergi jalan-jalan ke Bandung, eh sekalinya pesan minuman malah yang dipesan air zam-zam hm..."Hoam yaudahlah yah lebih baik aku mengabaikan omongan mereka saja peace ya guys hehe. Setelah dari restoran kami pun langsung caw ke hotel karena mau packing dulu, soalnya besok kan mau berangkat cuy.

*at Hotel*

Gue ga sabaran buat masuk kamar huah!! soalnya barang bawaan gue berat banget serius deh. Alhamdulillah akhirnya gue juga bisa meletakkan bawaan gue yang berat itu. Gue dan diana langsung packing aja takutnya kalo besok ntar gak sempat. Ternyata koper gue pun kepenuhan alias gak muat, gue juga takut ntar over weight lagi pas check in. Tapi untungnya koper diana masih ada ruang, jadi oleh-oleh untuk unotifics-nya gue titip sama diana deh hihi. Okay setelah packing kami pun mandi, sholat isya, dan langsung ke kamar Bintang soalnya mau ngambil foto. Btw di kamarnya bintang rame banget ada fio, anita, yolanda, dkk tapi sayangnya miftah sama nadya udah tidur uhm mungkin mereka udah capek kali yah. Oke tidak terasa jam pun menunjukan pukul 11.05 gue juga udah ngantuk berat guys, dan akhirnya gue minta kunci kamar sama diana soalnya gue mau ke kamar duluan karena udah ngantuk. Sebelum gue ke kamar, gue mampir dulu ke kamar 419 buat ngembaliin kameranya si Ayu dan Cindy, kebetulan di situ juga ada teh eirina dan mereka lagi nonton film india. Setelah berbincang sebentar dengan mereka, gue langsung balik ke kamar, lalu gue langsung hidupin tv, dan gue tinggal tidur.

*Early Morning*

Gue dengar suara orang tutup pintu dan gue langsung kebangun sendiri dan diikuti juga oleh Diana. Gue lihat dari jendela ternyata langitnya udah terang. Huaaah gue langsung buru-buru masuk ke kamar mandi dan tiba-tiba Diana bilang sama gue "masih pukul 5.15 kok met". Woah langsung agak lega tuh gue, terus gue nanya balik sama diana "Didi semalam gak masang alarm yah?" lalu diana menjawab "Gak met kemarin gak masang aku lupa, soalnya aku baru masuk kamar aja sekitar pukul 1.45". Tapi tetap aja gue agak buru-buru karena gue belum ngunci koper gue dan baju kotor gue juga belum gue pindahkan ke koper. Gue selesai mandi sekitar pukul 5.20 dan gue langsung pakai baju lalu bergegas masukin baju kotor gue ke koper, saat gue memasang sabuk koper ternyata sabuknya gak bisa dipasang cuy. Untung aja koper gue padat alias penuh jadi kalo diangkat barang-barang yang ada di dalam gak bakalan jatuh. Kemudian tiba-tiba ada orang yang mengetuk pintu kamar kami, rupanya pas aku buka ada Teh Eirina dan Yolanda. Terus gue suruh mereka untuk duluan turun ke bawah, karena Diana masih mandi. Gue dan Diana keluar kamar sekitar pukul 6.15 dan ternyata masih ada juga yang belum siap hihi, oh iya kami juga baru ingat kalau Anita udah pergi duluan ke Jakarta pantesan tuh anak kagak kelihatan. Kami langsung membawa koper-koper kami ke ruang tengah kemudian kami sarapan lalu langsung kembali caw ke atas. Setelah semuanya selesai sarapan, kami langsung dijemput sama mobil dari hotel dan diantar sampai ke tempat bus tersebut berhenti. Selanjutnya kami keliling Kota Bandung dulu, sebelum menuju ke airport kami melewati kampus ITB (calon tempat kuliah gue nih hihi Aamiin ya Allah), terus lewat kebun binatang, dan juga melewati Universitas Islam Bandung (UNISBA). Sambil keliling kota Bandung gue pun menghidupkan suasana galau dengan cara memutar lagu galau yoyoi kemudian dilanjutkan ke Bandara Husein Sastranegara.

*at Husein Sastranegara Airport*

Kami sudah sampai di Bandara pukul 09.45, berdasarkan FID pesawatnya akan take off sekitar pukul 11.20 dan kebetulan gue dapet giliran untuk check in duluan. Sambil menunggu yang lain pada check in, gue dan nadya keluar sebentar buat membeli brownies sama molen karena di Kartika Sari browniesnya habis gengs. Sekitar pukul 10.50 rombongan kami baru kelar check in, lalu kami pindh ke ruang tunggu. Saat memasuki ruang tunggu kami langsung duduk sambil melihat pernikahan olla ramlan live di Dahsyat (eh ga penting sebenarnya) dan baru sebentar kami duduk tiba-tiba muncul pengumuman "penumpang lion air tujuan Batam silahkan memasuki pesawat" yaudah kami langsung masuk ke pesawat.

*di Pesawat*

Gue duduk di seat 27B dan tepat di samping kiri gue ada Deni yang duduk di seat 27A dan di samping kanan gue ada Diana yang duduk di seat 27C. Kami menghabiskan waktu selama 1,5 jam di pesawat dengan mendengarkan ceramah alias gosip dari si Deni. Alhamdulillah setidaknya kali ini posisi jendela seatnya tidak sejajar dengan sayap pesawatlah, jadi aku masih bisa melihat pemandangan dari atas pesawat dengan jelas hehe.

Akhirnya pesawatnya take off juga dan perjalanannya lebih kurang 1,5 jam. Gue sempat liat pemandangan Jakarta dari atas pesawat woaaaaaah 'Jekardah'!. Gue melihat ada pesawat mau take off juga, hm ofc don't forget to say 'bye' to Bandung huaaah miss u so much Bandung...but wait, i'll be back soon (someday) Aamiin ya Allah.

Finally kami sampai di Batam dengan selamat *Alhamdulillah* kami sampai di Batam sekitar pukul 1 siang "Welcome to Batam". Setelah 30 menit kami menunggu bagasi, kami langsung pulang ke rumah masing-masing karena para orang tua kami sudah menjemput kami hoho uhm..... call it a day guys fufufu...

Okay, that's all my experience at Bandung...